
Gramedia, salah satu perusahaan penerbitan dan ritel buku terbesar di Indonesia, menyambut hari ulang tahun yang ke-55-nya. Perjalanan panjang ini merupakan bukti nyata dedikasi Gramedia dalam mendukung dunia literasi dan pendidikan bagi masyarakat Indonesia.
Masuk usia ke-55 tahun, Gramedia menggunakan momentum ini untuk memperkuat posisinya sebagai mitra setia masyarakat dalam mencapai akses ilmu dan inspirasi.
Mengusung tema #TumbuhBersama, Gramedia merayakan perjalanan panjangnya dengan semangat kolaborasi, inovasi, dan komitmen untuk terus mendukung petumbuhan sastra serta kreativitas masyarakat Indonesia. Selama lebih dari lima dekade, Gramedia telah melewati berbagai tantangan dan perubahan zaman untuk tetap relevan.
“Komputer Kami Tumbuh karena Kami Mendengar, ini menjadi prinsip utama kami dalam menghadapi setiap tantangan. Mendengarkan kebutuhan pengguna dan mewujudkannya dalam perencanaan serta tindakan nyata telah menjadi kunci keberhasilan kami selama ini”, demikian kata Priyo Utomo, CEO kami.
55 Tahun Berbagi Inspirasi dan Terus Mengembangkan Literasi
Pada 2024, Gramedia berhasil membuka 15 toko baru di berbagai wilayah Indonesia sebagai bagian dari komitmen mereka untuk meningkatkan akses literasi bagi masyarakat.
Pada tahun ini, Gramedia optimis untuk membuka kira-kira 20 toko guna menjangkau lebih banyak pembaca dan menguatkan kesadaran literasi di berbagai daerah tersebut.
Gramedia juga terus meningkatkan kehadirannya di ranah digital melalui pengembangan Gramedia.com, E-Library, dan berbagai kanal digital lainnya.
Transformasi digital ini merupakan komitmen kami untuk terus berinovasi dalam menghadirkan pengalaman yang lebih baik dan memberikan kemudahan akses bagi pelanggan setia kami.
Selain memperluas akses digital, Gramedia juga aktif mendukung gerakan literasi nasional. Bersama dengan Gerakan Nusa Baca, Gramedia menendirikan program Semesta Buku dan Pesta Literasi, yang telah menjangkau lebih dari 30 lokasi di seluruh Indonesia.
Program ini tidak hanya gerakan membaca, tetapi juga melaksanakan dan membuka jendela pengetahuan sampai ke tempat-tempat terpencil di negara ini.
Tidak puas dengan kontribusi mereka dalam domain literasi, Gramedia juga memprioritaskan pelestarian lingkungan melalui program EcoLiteracy.
Program ini mencakup berbagai inisiatif berkelanjutan seperti penggunaan dompet digital untuk pembelian, penggunaan lampu hemat energi, pengelolaan sampah yang terintegrasi, serta dukungan terhadap produk ramah lingkungan.
Rangkaian Program #TumbuhBersama
Di tahun ini, Gramedia menghadirkan Makarya, toko buku impian yang terletak di Gramedia Matraman. Program ini bertujuan agar pecinta literasi bertemu dalam kehidupan sehari-hari yang mendukung eksplorasi gagasan, diskusi, serta penerimaan terhadap suatu karya tulis.
Tidak berhenti di Makasar, Gramedia terus melebarkan sayap dengan membuka toko baru di Gramedia Kayutangan Malang dan Gramedia Melawai. Langkah ini menjadi bagian dari komitmen Gramedia untuk menyediakan lebih banyak tempat bagi masyarakat untuk menemukan inspirasi demi memperkuat budaya membaca di Indonesia.
Dalam semangat #TumbuhBersama, Gramedia juga berkolaborasi dengan beberapa ilustrator ternama, salah satunya Kathrin Honesta, untuk menghadirkan koleksi merchandise eksklusif. Dikenal dengan gaya ilustrasinya yang khas dan penuh makna, Kathrin Honesta telah menciptakan karya yang dirancang dengan sentuhan personal untuk menjadi bagian tak terpisahkan dari momen perayaan 55 tahun Gramedia.
Koleksi merchandise eksklusif ini terdiri atas tas belanja, paket stiker, kaos, keychain, dan buku sertifikat yang akan diluncurkan pada tanggal 2 Februari 2023 di Gramedia.com, Makarya, Gramedia Pondok Hijau Mall, dan Gramedia Grand Indonesia.
Selain itu, Gramedia juga memperkenalkan Creative & Art Corner dalam bentuk special drop yang berkolaborasi dengan beberapa seniman, seperti Kathrin Honesta, Dinda PS, Nadya Noor, dan beberapa seniman lokal lainnya. Pop-up corner ini juga memberikan kesempatan bagi para seniman untuk mempromosikan karyanya di luar platform e-commerce, salah satunya di Gramedia.
Beragam Promo Menarik
Pada perayaan ulang tahunnya yang ke-55, Gramedia juga menawarkan beberapa promo menarik untuk para pelanggannya yang setia, yang dapat diperoleh di berbagai saluran penjualan, seperti toko, gramedia.com, dan marketplace yang terdapat di Indonesia.
Diskon 30 persen untuk pembelian buku Gramedia semua edisinya berlaku saat menggunakan CIMB Niaga, BRI, dan BSI mulai tanggal 2–9 Februari 2025.
Gramedia juga menawarkan diskon menarik untuk berbagai kebutuhan pelanggan setianya,陣点ibumi 55.000 untuk pembelian buku Gramedia dengan minimal transaksi 250.000, diskon 55 persen untuk pembelian tas piknik dan totepack, diskon 55 persen untuk pembelian series Eversac junior, dan harga istimewa mulai dari 55.000 untuk pembelian IT.
Pada momen spesial ini, Gramedia menyampaikan rasa syukur dan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pelanggan dan mitra yang telah mendukung perjalanan kami hingga saat ini. Dukungan dari semua pihak adalah bagian penting dari langkah Gramedia untuk terus berinovasi dan memunculkan ruang yang lebih luas bagi literasi di Indonesia.
Gramedia percaya bahwa Indonesia akan semakin maju apabila literasi masyarakatnya selalu berkembang, dan Gramedia berkomitmen untuk menjadi bagian dari perjalanan tersebut membangun masa depan yang lebih cerah dengan menggunakan buku dan pengetahuan.