Script Sederhana utk Menampilkan Kota Pengunjung Blog (Geo-City)

Pernah liat kan banner, iklan atau sekedar sapaan buat pengunjung suatu web yg menampilkan kota si visitor berasal? Nah itu menggunakan yg namanya Geo-city script hehe, yg dg otomatis akan menampilkan kota darimana visitor berasal. Nama kota yg nongol berdasarkan ip address si pengunjung. Script ini memanfaatkan database kota+ip sedunia milik maxmind. Maxmind memiliki database kota dan ip yg sangat besar jadi akurasi dari script ini lumayan bagus. Trus apa gunanya Geo-City script tsb? Sederhana saja, dg menampilkan kota dimana visitor dtg, maka akan tercipta kesan lbh akrab (atau sok akrab haha :P ) antara Anda sbg blogger/webmaster dan pengunjung blog/situs Anda.
Kalo anda seorang IM’er (internet marketer) alias pemburu dollar secara online, script sederhana ini bisa dimanfaatkan utk meningkatkan angka konversi. Dengan sebuah message yg lebih mengena plus nama kota maka ‘call to action’ yg Anda buat akan lebih tepat sasaran. OK.. Tentu Anda malas baca banyak2 seperti hal-nya saya hehehehe… Oleh karena itu, langsung aja saya share script Geo-city tsb yaitu:
<script src="http://j.maxmind.com/app/geoip.js"></script><script type="text/javascript">// <![CDATA[
document.write(geoip_city());
// ]]&gt;</script>
Script tsb bisa Anda copy lalu paste ke widget blog Anda, lalu sesuaikan pesan yg ingin Anda sampaikan kpd pengunjung. Misalnya tepat sebelum script tsb diatas, Anda tuliskan kata2.. “Selamat datang pengunjung dari [paste script tsb disini]” Maka nantinya output yg pengunjung liat adalah sebuah pesan menyapa dg nama kota si pengunjung berada.

Nih contoh live demo yg saya buat utk menyapa Anda :D
Hello pengunjung blog dari kota Salatiga Besok kesiini lagi ya :D

Nah begitulah… Mungkin ada diantara kalian yg tidak melihat nama kota apapun pada example diatas? Tenang, kota di dunia ini buanyak bgt, meskipun database maxmind sangat besar tapi masih ada kemungkinan nama kota yg ga masuk. Atau ada yg liat kota X padahal aslinya di kota Y? Ini jg bukan masalah karena script tsb membaca ip dari ISP anda yg bisa jadi dari kota X.
Sekian dan semoga bermanfaat.

Sumber:http://www.ari-f.com/mumet-ndase/script-sederhana-utk-menampilkan-kota-pengunjung-blog-geo-city/