Pengertian Hibernate dan Manfaatnya

Hibernate adalah sebuah fitur Sistem Operasi (OS) pada sebua perangkat laptop atau PC yang
melakukan penyimpanan kerja memori pada memori vitual atau pada Hard Disk. Hibernate memiliki cara kerja seperti Stand by mode, bedanya Hibernate tidak membutuhkan daya sama sekali karena keadaan Laptop atau PC mati/Shut Down. Sedangkan Stand by PC dalam keadaan istirahat atau tidur namun masih membutuhkan daya untuk melakukan kerjanya.
 
Hibernation in computing is powering down a computer while retaining its state. 
Upon hibernation, the computer saves the contents of its random access memory (RAM) to a hard disk or other non-volatile storage. Upon resumption, the computer is exactly as it was upon entering hibernation.

When used to save power, hibernation is similar to sleep mode and saves more power at the cost of slower resumption. Wikipedia
Jika kita melakukan hibernate pada PC maka semua kegiatan yang kita lakukan sebelumnya akan tersimpan, jadi ketika menghidupkan PC akan melakukan kegiatan sebelumnya, seperti buka browser dengarin musik dan mutar video sekalipun.
Fungsi Hibernate
  • Fungsi hibernate tentu sudah jelas yaitu menyimpan semua kerja memori atau meyimpan semua kegiatan yang dilakukan di laptop ketika laptop dimatikan, dan akan dikembalikan seperti semula ketika sebelum dihibernate.
Manfaat Hibernate
Ada beberapa manfaat hibernate yaitu :
  • Memudahkan kerja, jika kita sedang banyak melakukan aktivitas di laptop dan tidak sempat menyimpan satu-persatu maka kita bisa lakukan hibernate.
  • Menghemat Daya, Kita bisa menghemat daya laptop karena aktivitas bisa dihentikan tanpa harus menyimpan satu-persatu dan bisa dimatikan tanpa harus mengeluarkan program2 yang sedang kita buka.
  • Menghemat waktu. Kita bisa melakukan hal yang lainnya tanpa harus menyimpan dahulu semua kegiatan pada laptop.
Kerugian dan Masalah Hibernate
Kerugian hibernate yaitu;
  • Ada bebarapa perangkat yang tidak kompitibel, sehingga bisa mengakibatkan error.
  • Komputer akan dipakasa mati, tetapi semua kegiatan PC tidak dihentikan/ditutup terlebih dahulu. Sebagaimana yang dijelaskan di wikipedia,
In some cases entering into hibernation can cause on restarting, due to problems with the hibernation software, or with devices or software which is not fully compliant. Hibernation will also usually cause connections to peripheral devices to terminate; this may cause problems for peripherals that were in use when hibernation started.[citation needed]

Some organizations (mainly large enterprises) mandate automatic hibernation (e.g. as a network policy) if a computer system has been idle for a certain amount of time, mainly as an energy saving measure. This saves some energy at the cost of some lost productivity waiting for the state to be restored. Wikipedia
Itulah kira - kira pengertia  Hibernate serta Untung Ruginya, Mohon koreksinya. Jika ada yang salah dan kurang silahkan ditambahkan.